Rabu, 30 Maret 2011

Kejadian 48

Genesis 49: 8-12 : Judah, you will be praised by your brothers; they will bow down to you, as you defeat your enemies. My son, you are a lion ready to eat your victim! You are terribly fierce; no one will bother you. You will have power and rule until nations obey you and come bringing gifts. You will tie your donkey to choice grapevine and wash your clothes in wine from those grapes. Your eyes are darker than wine, your teeth whiter than milk.

Kejadian 49: 8-12 : Yehuda, engkau akan dipuji oleh saudara-saudaramu, tanganmu akan menekan tengkuk musuhmu, kepadamu akan sujud anak-anak ayahmu. Yehuda adalah seperti anak singa; setelah menerkam, engkau akan naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang berani membangunkannya? Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambing pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa. Ia akan menambatkan keledainya pada pohon anggur dan anak keledainya pada pohon anggur pilihan; Ia akan mencuci pakaiannya dengan anggur dan bajunya dengan darah buah anggur. Matanya akan merah karena anggur dan giginya akan putih karena susu.

2 Samuel 7: 12-14 : I’ll choose one of your sons to be king when you reach the end of your life and are buried in the tomb of your ancestors. I’ll make him a strong ruler, and no one will be able to take his kingdom away from him. He will be the one to build a temple for me. I will be his father, and he will be my son.

2 Samuel 7: 12-14 : Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya. Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku dan Aku akan mengokohkan tahta kerajaannya untuk selama lamanya. Aku akan menjadi Bapanya dan ia akan menjadi anakKu.

Isaiah 9: 6-7 : A child has been born for us. We have been given a son who will be our ruler. His name will be Wonderful Advisor and Mighty God, Eternal Father and Prince of Peace. His power will never end; peace will last forever. He will rule David’s kingdom and make it grow strong. He will always rule with honesty and justice. The Lord All Powerful will make certain that all of this is done.

Yesaya 9: 5 : Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambing pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang; Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Di dalam alkitab terbagi 2 bagian besar yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Apa itu Perjanjian Lama dan apa juga Perjanjian Baru?

Perjanjian Lama terdiri dari 39 kitab yaitu: Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan, Yosua, Hakim-hakim, Rut, 1 Samuel, 2 Samuel, 1 Raja-raja, 2 Raja-raja, 1 Tawarikh, 2 Tawarikh, Ezra, Nehemia, Ester, Ayub, Mazmur, Amsal, Pengkotbah, Kidung Agung, Yesaya, Yeremia, Ratapan, Yehezkiel, Daniel, Hosea, Yoel, Amos, Obaja, Yunus, Milkha, Nahum, Habakuk, Zefanya, Hagai, Zakharia, Maleakhi.
Perjanjian Baru terdiri dari 27 kitab yaitu: Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas, Injil Yohanes, Kisah Para Rasul, Surat Paulus kepada Jemaat di Roma, Surat Paulus yang pertama kepada Jemaat di Korintus, Surat Paulus yang kedua kepada Jemaat di Korintus, Surat Paulus kepada Jemaat di Galatia, Surat Paulus kepada Jemaat di Efesus, Surat Paulus kepada Jemaat di Filipi, Surat Paulus kepada Jemaat di Kolose, Surat Paulus yang pertama kepada Jemaat di Tesalonika, Surat Paulus yang kedua kepada Jemaat di Tesalonika, Surat Paulus yang pertama kepada Timotius, Surat Paulus yang kedua kepada Timotius, Surat Paulus kepada Titus, Surat Paulus kepada Filemon, Surat kepada orang Ibrani, Surat Yakobus, Surat Petrus yang pertama, Surat Petrus yang kedua, Surat Yohanes yang pertama, Surat Yohanes yang kedua, Surat Yohanes yang ketiga, Surat Yudas, Wahyu kepada Yohanes.

Pada kitab kejadian dituliskan tentang awal mulanya penciptaan dunia ini, mulai dari hari pertama sampai dengan hari yang keenam, dan dikatakan bahwa hari ketujuh adalah hari istirahat Tuhan. Kitab kejadian juga menceritakan tentang penciptaan awal manusia pertama yaitu Adam dan Hawa dan juga awal mula dosa yang ditimbulkan oleh mereka akibat pelanggaran yang mereka lakukan dengan memakan buah terlarang sehingga mengakibatkan semua manusia yang lahir mempunyai dosa yang sama. Dosa yang ditimbulkan Adam mengakibatkan maut. Diceritakan lahirnya anak-anak Adam dan keturunannya sampai kepada Nuh. Dikatakan ketika zaman Nuh, manusia mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan anak-anak Allah mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan di bumi dan memiliki anak-anak yang perkasa di zaman purbakala. Tetapi kejahatan manusia bertambah-tambah besar sehingga membuat Tuhan menyesal telah menjadikan manusia dan Ia akan menghapus semua manusia. Tetapi Nuh dan keluarganya mendapat kasih karunia sehingga mereka dan keluarganya diselamatkan dari air bah. Sampai kepada Abraham yaitu keturunan Sem anak Nuh dan perjanjian Tuhan Allah dengan Abraham, bahwa Ia akan memberikan tanah perjanjian kepada keturunannya, tetapi keturunan dari isterinya Sara. Sampai kepada lahirnya Esau dan Yakub, cucu-cucu dari Abraham. Dan dari Yakub lahirlah keduabelas suku-suku Israel yang akan menempati tanah perjanjian yang diberikan Tuhan. Dituliskan ketika Yusuf anak Yakub dijual saudara-saudaranya ke Mesir dan dipercayakan menjadi orang kedua setelah raja Firaun. Ketika perjumpaan kembali dengan saudara-saudaranya dan juga ayahnya yaitu Yakub, mulai dari masa itulah keduabelas anak Yakub atau Israel dan keturunan mereka menempati Mesir dan bertambah banyaklah jumlah mereka di Mesir sehingga akhirnya mereka dijadikan budak di Mesir.

Pada kitab keluaran sampai dengan kitab Yosua diceritakan bagaimana usaha Musa yang telah diutus Tuhan Allah sendiri untuk membawa bangsa Israel keluar dari Mesir menuju tanah perjanjian. Dan Tuhan memberikan sepuluh perintah dan juga kitab-kitab taurat kepada bangsa Israel sebagai hukum yang mengikat mereka. Sampai pada kematian musa dan apa yang dilakukan Yosua dan bangsa Israel untuk menduduki tanah kanaan.

Pada kitab Hakim-hakim diceritakan bagaimana kedaan Israel setelah kematian Yosua dan mulai adanya hakim-hakim yang dipilih untuk memimpin bangsa Israel.

Pada kitab 1 Samuel sampai dengan kitab Zakharia diceritakan bangsa Israel menginginkan seorang raja yang memimpin mereka mulai dari raja Saul, kemudian raja Daud yang diurapi Tuhan sehingga diberi karunia menjadi seorang pemimpin yang hebat dan besar pada zaman itu, dan Salomo yang akhir tuanya melakukan dosa yang membuat Tuhan marah sehingga bangsa itu terkoyak sehingga menjadi 2 bagian yaitu bangsa Israel dan bangsa Yehuda. Pada kitab-kitab ini banyak ditulis nubuat-nubuat para-para nabi pada zaman raja-raja yang memerintah saat itu, nubuatan tentang kehancuran Israel, nubuatan tentang kehancuran Yehuda.

Tetapi inti dari semuanya yang ingin saya ceritakan adalah di dalam Perjanjian Lama para-para nabi saat itu telah menubuatkan lahirnya seorang raja dari keturunan Yehuda dan dari keturunan raja Daud sendiri. Tuhan sangat mengasihi Daud melihat begitu setianya ia sehingga Tuhan berjanji bahwa akan lahir seorang raja dari keturunannya yaitu seorang Mesias atau yang disebut Juruselamat.

Saat itu orang Yahudi berpikir bahwa raja yang akan lahir itu adalah raja yang akan memimpin mereka keluar dari perbudakan sehingga banyak yang tidak menerima Dia yaitu Yesus. Yesus memang tidak diterima oleh sebagian besar bangsanya, tetapi Ia dilahirkan bukan hanya bagi bangsa Yahudi, tetapi Ia dilahirkan untuk kita semua, seluruh bangsa, tidak ada terkecuali. Di mata Dia semua bangsa sama dan Ia mengasihi kita semua. Dia memilih setiap bangsa menjadi anak-anak-Nya.

Di dalam perjanjian baru semuanya dituliskan tentang kelahiran Yesus, mujizat-mujizat yang dilakukannya selama hidup-Nya sebagai manusia, ajaran-ajaran yang disampaikan kepada murid-murid-Nya, kematian-Nya, kebangkitan-Nya, bahkan kenaikan-Nya ke sorga dan duduk di sebelah Bapa-Nya di sorga.

Setelah kenaikan Tuhan Yesus ke sorga, diutuslah Roh Kudus ke dalam dunia untuk menyertai setiap murid-murid-Nya dalam memberitakan Injil, Injil itu adalah kabar baik, kabar tentang keselamatan di dalam nama Tuhan Yesus. Siapa yang percaya dan memberi diri dibaptis akan selamat. Setiap orang percaya dikaruniakan Roh Kudus yaitu Roh Allah sendiri yang tinggal di dalam kita sebagai orang percaya. Roh itu yang akan menuntun kita dalam mengabarkan kabar baik ini ke seluruh penjuru dunia. Agar semua orang percaya dan diselamatkan. Karena bila satu orang bertobat maka seluruh malaikat di sorga akan bersorak sorai, karena jiwa satu orang sangat berharga di mata Tuhan. Ia ingin kita semua mendengar dan percaya. Dan bila kita sendiri sudah diberikan anugerah keselamatan, kita juga harus memberitakan keselamatan kita kepada orang lain yang belum mengenal Tuhan Yesus agar mereka juga diselamatkan. Dan percayalah bila satu orang bertobat maka ia dan seisi keluarganya akan diselamatkan. Haleluya………..Amin….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar