Rabu, 30 Maret 2011

Jesus prays

Jesus Prays (John 17:1-26)
After Jesus had finished speaking to His disciples, He looked up towards heaven and prayed:
Father, the time has come for You to bring glory to Your Son, in order that He may bring glory to You. And You gave Him power over all people, so that He would give eternal life to everyone You give Him. Eternal life is to know You, the only true God, and to know Jesus Christ, the One You sent. I have brought glory to You here on earth by doing everything You gave Me to do. Now, Father, give Me back the glory that I had with You before the world was created. You have given Me some followers from this world, and I have shown them what You are like. They were Yours, but You gave them to Me, and they have obeyed You. They know that You gave Me everything I have. I told My followers what You told Me, and they accepted it. They know that I came from You, and they believe that You are the One who sent Me. I am praying for them, but not for those who belong to this world. My followers belong to You, and I am praying for them. All that I have is Yours, and all that You have is Mine, and they will bring glory to me.
Holy Father, I am no longer in the world. I am coming to You, but My followers are still in the world. So keep them safe by the power of the name that You have given Me. Then they will be one with each other, just as You and I are one. While I was with them, I kept them save by the power You have given Me. I guarded them, and not one of them was lost, except the one who had to be lost. This happened so that what the Scriptures say would come true.
I am on My way to You. But I say these things while I am still in the world, so that my followers will have the same complete joy that I do. I have told them Your message. But the people of this world hate them, because they don’t belong to this world, just as I don’t.
Father, I don’t ask You to take My followers out of the world, but keep them safe from the evil one. They don’t belong to this world, and neither do I. Your word is the truth. So let this truth make them completely Yours. I am sending them into the world, just as You sent Me. I have given myself completely for their sake, so that they can belong completely to the truth.
I am not praying for this followers. I am also praying for everyone else who will have faith because of what My followers will say about Me. I want all of them to be one with each other, just as I am one with You and You are one with Me. I also want them to be one with us. Then the people of this world will believe that You sent Me.
I have honoured my followers in the same way that You honoured Me, in order that they may be one with each other, just as We are one. I am one with them, and You are one with me, so that they may become completely one. Then this world’s people will know that You sent Me. They will know that You love My followers as much as You love Me.
Father, I want everyone You have given Me to be with Me, wherever I am. Then they will see the glory that You have given Me, because You loved Me before the world was created. Good Father, the people of this world don’t know You. But I know You, and My followers know that You sent me. I told them what You are like, and I will tell them even more. Then the love that You have for Me will become part of them, and I will be one with them.

Doa Yesus untuk murid-murid-Nya (Yohanes 17:1-26)
Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata:
“Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau. Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya. Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya. Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.
Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu. Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu berasal daripada-Mu. Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka. Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, periharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci. Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya mereka pun dikuduskan dalam kebenaran.
Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu; Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.
Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku; dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka.”

Di dalam Yohanes 17:1-26 di atas telah kita baca, ayat tersebut di atas adalah doa Yesus untuk murid-murid-Nya pada malam sebelum dia ditangkap dan disalibkan.
Dari ayat di atas dapat kita lihat bahwa Yesus telah tahu saatnya akan tiba bahwa Dia akan meninggalkan dunia ini, karena untuk itulah Dia telah dilahirkan, untuk menebus dosa-dosa manusia. Yesus adalah firman yang hidup, firman itu telah ada sebelum dunia dijadikan, dan firman itu adalah Allah sendiri. Dan Yesus dilahirkan di dunia ini untuk mempermuliakan Allah. Ketika Yesus di dalam dunia, Ia telah melakukan banyak sekali mujizat-mujizat dan orang-orang yang melihat dan mengalami mujizat mempermuliakan Allah, dan juga nama Yesus dipermuliakan, karena Yesus adalah Allah sendiri yang mengambil rupa sebagai manusia agar manusia mengenal Dia.
Di dalam doa Yesus, dapat kita lihat betapa besar kasih-Nya kepada murid-murid-Nya, Dia berdoa agar murid-murid-Nya tidak akan terhilang, artinya Dia tahu bahwa sesudah kematian-Nya murid-murid-Nya akan berpencar ke seluruh dunia untuk mengabarkan bahwa Yesus adalah keselamatan, dan bahaya senantiasa mengancam mereka, siksaan demi siksaan akan mereka tanggung, bahkan mereka memberikan nyawa mereka sendiri demi nama-Nya, nama Yesus. Dan Dia berdoa supaya mereka menjadi satu sama seperti Yesus dan Allan sendiri adalah satu. Kita semua yang telah mengenal Dia dan telah menerima Yesus sebagai juruselamat adalah murid-murid-Nya, gereja-gereja yang ada di dunia ini adalah utusan-utusan dari Allah di dalam dunia. Dan Yesus di dalam doa-Nya telah meminta supaya murid-murid-Nya menjadi satu. Saya agak sedikit kecewa melihat gereja-gereja saat ini yang saling menjelekkan, masing-masing mencoba untuk meninggikan dan mempromosikan gereja mereka sendiri sedangkan perintah yang telah Yesus berikan sebelum Dia pergi dari dunia ini adalah agar semua murid-murid-Nya bersatu, bersatu dalam kasih, tidak ada rasa iri, tidak menyombongkan diri. Akhir zaman sudah dekat, marilah kita semua bersatu di dalam kasih Yesus, kasih yang membuat kita semua bisa bertahan, kasih yang membuat kita mau membawa banyak jiwa untuk diselamatkan di dalam nama-Nya. Semua gereja dan orang-orang kudus-Nya adalah sama di mata Yesus, kita semua memiliki panggilan unik masing-masing, kita semua istimewa di mata-Nya, semua gereja mempunyai tugas meraih jiwa-jiwa. Kita bukan milik gereja, kita adalah milik Yesus Kristus, kita bukan dari dunia, tapi kita harus memiliki kasih Kristus untuk meraih jiwa agar mereka diselamatkan. Betapa bahagia-Nya bila melihat orang-orang sekitar kita yang kita kasihi juga ikut diselamatkan, sudah memiliki jaminan keselamatan, sidah memiliki sorga.
Tuhan Yesus telah mengutus kita ke dalam dunia yang semakin tidak karuan ini, sama seperti Allah Bapa sendiri yang telah mengutus Yesus ke dalam dunia untuk menanggung dosa kita. Tuhan Yesus sendiri yang akan menyertai kita semua, Dia tidak akan pernah meninggalkan kita semua anak-anak-Nya karena kasih yang di dalam Dia begitu besar. Janganlah takut, sebab Yesus ada di dalam kita, Roh Kudus, Roh Tuhan sendiri ada di dalam kita, Roh yang lebih besar dari roh manapun yang ada di dalam dunia. Roh itu yang akan berkata, bersaksi melalui bibir, mulut, lidah kita. Karena itu jagalah lidahmu, agar tidak berdusta, tidak mengatakan kata-kata yang tidak pantas. Tubuh kita adalah bait Allah sendiri. Karena itu jagalah tubuhmu dan jangan dikotorkan oleh nafsu duniawi, kuduskanlah dirimu di hadapan-Nya agar kita semua layak di hadapan-Nya.
Halleluyaa……….Amin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar